18 February 2017

CARA MEMBUKA LAYAR TERKUNCI DI SMARTPHONE

CARA MEMBUKA LAYAR TERKUNCI  DI SMARTPHONE

Mengingat waktu yang dihabiskan seseorang bersama smartphone semakin tinggi. Harus ada cara yang lebih mudah dan aman untuk membuka kunci layar smartphone Android kalian selain dengan kode akses, PIN, password, atau pola.

Untungnya, sekarang sudah banyak smartphone Android yang dibekali dengan teknologi fingerprint sensor, namun terkadang masih suka error jika tangan kita kotor atau basah. Sehingga kembali lagi harus memasukkan PIN, password, atau pola untuk membuka kunci layar smartphone.

Kabar baiknya adalah bahwa Android menawarkan serangkaian cara cerdas untuk membuka perangkat kamu tanpa kode akses atau dengan cara yang unik.berikut cara-caranya :

1. Cara Membuka Kunci Layar Smartphone dengan Gerakan Tubuh
   
Baru juga beberapa saat smartphone masuk ke dalam saku celana atau tas, namun kita perlu menggunakan smartphone kembali untuk melakukan sesuatu. Repot amat kalau harus membuka kunci layar secara terus menerus.

Syukurlah ternyata ada cara yang lebih mudah, yakni dengan menggunakan fitur "deteksi tubuh". Dimana kamu bisa menjaga smartphone terbuka sementara ketika smartphone diambil dari saku atau tas, sangat praktis bukan?

Untuk mengaktifkan fitur tersebut buka Settings > Security > Smart Lock dan pilih On-body detection dan aktifkan.

Tapi, ada kelemahannya yakni siapa pun bisa membuka smartphone kalian melalui deteksi gerakan. Jadi jika kalian benar-benar paranoid tentang keamanan, lebih baik tetap mengandalkan kode akses PIN atau sidik jari.

2. Cara Membuka Smartphone dengan Lokasi
   
Kalau cara pertama, memang agak rentan, tapi yang kedua ini lebih aman. Kalian bisa menghilangkan sementara, kunci layar di lokasi tertentu, misalnya rumah dan kantor.
Caranya :

buka Settings > Security > Smart Lock > Trusted places dan tambah lokasi, kaliam bisa menambahkan lebih dari satu tempat.
   
Setelah itu, kalian bisa membuka smartphone dengan mudah dangan jangkauan 80 meter. Sangat berguna jika kalian hidup sendiri atau bekerja di sebuah kantor dengan rekan-rekan yang dapat dipercaya.

3. Cara Membuka Smartphone dengan E-KTP
   
Selain menggunakan tempat, kalian juga bisa menghubungkan smartphone ke perangkat yang dipercaya. Seperti speaker Bluetooth atau menggunakan NFC, contohnya bisa membuka smartphone dengan menggunakan E-KTP.

Caranya : buka Settings > Security > Smart Lock > Trusted devices dan tambah perangkat terpercaya.

4. Cara Membuka Lockscreen dengan Suara
   
Cara lain agar smartphone mengenali pemiliknya adalah dengan menggunakan suara. Ya, secara khusus, kalian dapat mengatur smartphone untuk mendengarkan suara kalian.
   
Untuk menggunakan fitur ini, sebelumnya kalian harus menginstal Google Now. Kalain akan bisa membuka smartphone dengan mengatakan "OK Google" untuk membuka smartphone tanpa menyentuhnya.

Caranya buka Settings > Smart Lock > Trusted Voice, kemudian ikuti petunjuk untuk mengatur perangkat Android, untuk membuka sendiri ketika mendengar kalian mengatakan "OK Google".

5. Membuka Smartphone dan Aplikasi Menggunakan Wajah
   
Menggunakan kunci layar saja belum cukup. Kalian juga harus memberikan lapisan keamanan tambahan, yakni dengan cara mengunci aplikasi penting satu per satu.

IObit Applock adalah aplikasi yang memungkinkan kalian mengamankan kerahasiaan aplikasi yang bersifat pribadi. Dengan mengunci aplikasi tertentu, baik itu dengan pola, PIN, atau Face Lock berbasis kecerdasan buatan.

6. Membuka Kunci Layar Smartphone Menggunakan Gerakan Tangan

Untuk membuka kunci layar smartphone Android menggunakan gerakan tangan kita akan mengandalkan aplikasi bernama GestureLock. Dengan aplikasi ini, kalian dapat membuka smartphone hanya dengan melakukan sebuah gerakan.


0 comments:

Follow us