21 February 2017

FAKTOR UNTUK MENJAGA KEAMANAN DATA

Percaya atau tidak, kebanyakan orang saat ini sudah kecanduan yang namanya smartphone dan terlalu banyak bergantung padanya. Terlepas dari itu semua, beberapa dari kalian tentunya ingin melindungi privasi data saat menggunakan berbagai aplikasi di ponsel.

 Sayangnya, tidak ada perangkat yang benar-benar aman dan semua kembali lagi ke pengguna. Namun sudah ada beberapa pabrikan ponsel yang memang menawarkan smartphone dengan tingkat keamanan yang lebih baik.

7 Faktor Kunci yang Harus Diperhatikan untuk Menjaga Keamanan Privasi Data :

1. Biometrik

Menjaga Keamanan Privasi Data Smartphone
   
Kebanyakan smartphone zaman sekarang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan biometrik seperti sensor pembaca sidik jari yang dianggap lebih aman dibandingkan PIN, password, dan pola. Jadi pastikan smartphone kalian sekarang punya fitur ini.

2. Enkripsi

   
Setiap smartphone saat ini menggunakan salah satu dari dua jenis enkripsi: berbasis file (FBE) atau disk (FDE). Enkripsi berbasis file adalah metode yang lebih efektif, karena memungkinkan file individual dikunci dengan kunci yang berbeda.

Sementara enkripsi disk hanya menggunakan satu kunci untuk mengunci seluruh partisi data. Untuk kuncinya ada yang menggunakan 128-bit dan yang terbaru 256-bit.

3. Mesin Enkripsi

   
Beberapa smartphone menggunakan perangkat keras untuk menangani proses enkripsi, ada juga yang melakukannya dengan perangkat lunak. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus misalnya, Apple menggunakan chip perangkat keras yang didedikasikan untuk menangani enkripsi. Hasilnya jelas lebih baik dibandingkan dengan enkripsi berbasis perangkat lunak.

4. Restrict Ad Tracking

   
Tahukah kalian, OS Android dan iOS tertanam ID pelacakan iklan untuk membantu mitra pemasaran menayangkan iklan yang ditargetkan. ID ini mengikuti saat kaluan menggunakan aplikasi dan layanan di smartphon.

Di iOS, Apple memungkinkan kalian untuk membatasi kemampuan aplikasi untuk melihat dan menggunakan pengenal ini. Sementara di Android, Google hanya memungkinkan kalian untuk me-reset ID.

5. Always-On VPN

   
Virtual Private Network atau VPN, memungkinkan kalian untuk mengubah rute lalu lintas internet melalui server eksternal. Bahkan akan membiarkan kalin mengenkripsi semua lalu lintas data.
   
Nah di perangkat Android, kalian dapat menyalurkan semua jenis lalu lintas internet melalui VPN. Sementara perangkat iPhone, hanya dapat menggunakan VPN melalui WiFi, kecuali kalian bersedia untuk me-reset perangkat dan mengaktifkan "Supervised Mode" agar VPN bekerja pada sambungan data seluler.

6. Factory Reset Otomatis

   
Beberapa perangkat memiliki fitur yang memicu factory reset otomatis ketika seseorang mencoba untuk memasukkan PIN atau sandi salah terlalu banyak. Hal ini sangat bagus ketika smartphone hilang, setelah reset maka smartphone akan terkunci dan tidak bisa digunakan.

7. Pembaruan Keamanan

   
Google dan beberapa pabrikan ponsel seperti Samsung sepakat untuk memberikan pembaruan keamanan setiap bulannya. Namun, ponsel Blackphone menjanjikan jika ditemukan bug akan ditambal dalam waktu 72 jam .
   
Sementara, Apple tidak memiliki jangka waktu tertentu. Terkadang pembaruan datang lebih cepat, kadang juga lama. Namun, pembaruan untuk perbaikan bug biasanya berjangka waktu satu bulan setelah bug ditemukan.

Itulah 7 faktor yang mempengaruhi keamanan privasi data di smartphone kalian. 
Buat kalian yang tidak begitu peduli dengan keamanan privasi data, mungkin sudah saatnya untuk memulai. Ingatlah, ancaman itu nyata dan semua fitur yang ditawarkan di atas akan kembali lagi kepada pengguna smartphone. Ya, pada dasarnya kita yang menentukan.

0 comments:

Follow us